Translate

Senin, 30 November 2015

Ternak Lele Sukses - Pakan lele dari kotoran kambing, ayam dan sapi, Cara membuat dan Penerapannya - AndreLinds.Com

Ass Alaikum WR WB buat pembaca semua dan pada kesempatan kali ini KokoLinds akan share cara membuat pakan lele organik dari kotoran kambing, sapi dan ayam, dan yang terpenting tentu nya bisa mengirit biaya pakan
tapi sebelumnya saya ingin memberitahukan kepada anda bahwa di daerah ku tinggal akan di adakan pemilihan kepala desa atau lurah yang sebentar lagi akan di laksanakan tepatnya di desa bangun rejo kidul kecamatan kedunggalar kabupaten ngawi , untuk itu saya mohon do'a nya semoga pemilihannya berjalan lancar, aman dan kondusif tanpa masalah sedikitpun.
sesuai judul postingan di atas, saya akan memberitahukan cara membuat pakan lele organik dari kotoran kambing sapi dan ayam, dengan mudah dan gampang. dan perlu anda ingat lagi bahwa disini saya bukan bermaksud sok pintar ataupun menggurui, saya hanya memberitahukan apa yang saya tahu saja. okelah kalau begitu langsung ke topik saja.
Tahap kesatu :
- Penebaran benih kedalam kolam yang telah berisi air (tahap awal, kedalaman air tak lebih dari 30cm) yang sudah dikondisikan cukup untuk pesediaan pakan selama 29 hari berupa plankton. Sarana pembuatan plankton dengan bahan dasar kotoran ternak dan ampas tahu atau sayur limbah yang telah difermentasi lalu dimasukkan dalam karung goni yang tertutup rapat sebanyak 6 karung, Kemudian 6 karung tadi dimasukkan dalam air, untuk memicu pertumbuhan plankton sebagai makanan alami ikan.

Setelah 15 hari dalam kolam, maka air kolam telah dipenuhi oleh plankton yang cukup untuk persediaan pakan alami sampai 29 hari.
Jangan lupa, sehari sebelum benih ditaburkan, larutkan SOC atau pakai yang lain nya yang menurut anda bagus, kalau pakai SOC perbandingan : per 2 m3 dengan 1 tutup botol. tapi kalau pakai yang lain saya kurang tau.
soalnya saya pakaii SOC Pola HCS

Tahap kedua :
- Setelah 15 hari, maka kolam telah siap ditaburi benih. Lakukan beberapa hal untuk proses penebaran benih sebelum masuk ke air kolam, adalah sebagai berikut :
Siapkan air secukupnya dalam 3 ember/timba.
Ember/Timba yang pertama, larutkan formalin atau alcohol 20%.
Ember/Timba yang kedua, larutkan SOC dengan dosis 1cc SOC : 2 ltr air
Ember/Timba yang ketiga, isilah dengan air kolam yang akan diisi benih.

-Siapkan benih yang akan ditebar, angkat dari air dengan saringan ikan.
-Secepatnya celupkan ke dalam air larutan formalin/alcohol 20%
-Lalu celupkan pada ember ke 2 dengan larutan SOC HCS, lalu angkat
-Masukkan ke dalam ember ke tiga yang berisi air kolam dengan tujuan agar benih secepatnya bisa menyesuaikan diri dengan suhu air kolam.
-Masukkan perlahan ke dalam kolam pembesaran.
-Anda tak perlu memberi makanan apapun sampai 29 hari, kecuali menaburkan SOC HCS pada minggu ke-2 dan ke-4.
-Setelah umur 29 hari, angkat ke enam karung tersebut dan ganti dengan yang baru, dan kedalaman air ditambah sekitar 20 cm.

Tahap selanjutnya, Pemberian pelet buatan dari kotoran ternak, ampas tahu, bekatul, dedaunan dan difermentasi dengan SOC HCS selama 24 jam untuk pellet apung. Pemberian pellet buatan ini bisa dilakukan sampai panen.
Tahap berikutnya adalah masa pemanenan lele organik. Lele organik siap dipanen pada minggu kedelapan. Cara pemanenan lele organik sama halnya dengan pemanenan lele biasa alias tidak ada perlakuan khusus.
sebenernya cara membuat pakan lele organik sangat mudah sekali. Pertama tama Kumpulkan limbah kotoran ternak ke dalam bak yang dicampur air beserta bactery starter SOC.


mengapa saya menulis SOC? Kerena saya menggunakan itu. Dan kalau anda pakai merk lain juga bisa contohnya EM4 dan sejenisnya, dan kegunaan EM4 atau soc adalah untuk mempercepat proses penguraian kotoran ternak. Dan Selang sehari kemudian, dengan proses fermentasi, kotoran ternak yang telah ditambah dengan beberapa bahan untuk menjamin cukupnya asupan Gizi pada Ikan.
SEMOGA BERMANFAAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar