Translate

Selasa, 17 November 2015

Ternak Kambing Sukses HCS - Cara Membuat Pakan Fermentasi Gedebog Batang Pohon Pisang for Kambing - AndreLinds.Com

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang – Pembuatan Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebok Batang Pohon pisang dengan menggunakan suplemen organik cair atau SOC (Produk PT HCS). Batang pisang, atau kalau di kampung biasa disebut  debok/gedebok termasuk limbah yang merepotkan mengurusnya. Di samping batangnya yang besar, ibu-ibu juga takkan mampu mengangkat dan membuangnya begitu saja. Tapi, jika dibiarkan akan memproduksi bau busuk yang kurang sedap. Menyadari hal itu, para petani dan peternak Mitra HCSmengolahnya sebagai makanan sedap bagi kambing-kambing mereka. Caranya dengan difermentasi menggunakan suplemen organik cair (SOC). Cara Pembuatan Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pisang ini tergolong fermentasi basah. Proses pembuatannya cuma butuh waktu minimal 1 jam. Sedangkan pembuatan pakan fermentasi kering sudah dibahas di Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Jerami Kering.
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang
Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pohon Pisang – Proses Pencacahan Debog Pohon Pisang sebelum difermentasi

Cara Membuat Pakan Fermentasi Kambing dari Gedebog Batang Pisang – Proses Pembuatan Debog Pisang untuk Pakan Fermentasi Ternak Kambing:

  1. Lakukan pencacahan pada gedebok / batang pisang
  2. Larutkan molase (tetes tebu) dan SOC dalam sebuah wadah berisi air. Diamkan larutan  minimal 15 menit.
  3. Gedebok pohon pisang yang sudah dicacah dicampur dengan bekatul/dedak secukupnya. Jika ada, campurkan ampas tahu, ampas brem, tepung jagung, atau pollar.
  4. Siramkan larutan pada nomor 2 di atas secara merata ke cacahan debog pisang di atas. Aduk hingga merata. Kalau boleh diumpamakan, jadinya nanti seperti membuat mie goreng. Bukan seperti membuat mie kuah (dalam hal kandungan airnya)
  5. Jika sudah dicampur merata, masukkan ke dalam drum plastik. Jika tidak ada bisa gunakan wadah apa saja, lalu tutup dengan terpal/plastik tujuannya agar kedap udara selama minimal 1 jam.
  6. Pakan fermentasi siap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.
Untuk lebih jelas proses pembuatan pakan fermentasi kambing dari gedebog pisang ini silakan lihat videonya di Ternak Kambing HCS dengan Pakan Fermentasi Damen dan Gedebok Menggunakan SOC.


SEMOGA BERMANFAAT SAHABAT

Sumber:http://programhcs.com/cara-membuat-pakan-fermentasi-kambing-dari-gedebog-batang-pohon-pisang/

Artikel Favorit Lain:

Artikel Fermentasi Pakan Kambing dan Domba
Artikel Fermentasi Pakan Kambing dan Domba
Artikel Fermentasi Pakan Kambing dan Domba dapat Anda baca di situs ini. Cara mencari artikel tentang ternak kambing dan pakan fermentasi cukup ketikkan pada kolom ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar